Langsung ke konten utama

resensi film a crazy little thing called love

RESENSI FILM
A CRAZY LITTLE THING CALLED LOVE”
Disusun Oleh :
Nama : Armita Febrianasari
Kelas : 10-4
NIS : 13.59.07459

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang maha megetahui dan maha bijaksana yang telah memberi petunjuk agama yang lurus kepada hamba-Nya dan hanya kepada-Nya. Salawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW yang membimbing umat nya degan suri tauladan-Nya yang baik.
Dan penulis mengucapkan terima kasih kepada bapak Asep, yang telah memberikan tugas yang dapat memberikan lebih banyak materi pembelajaran bagi penulis. Makalah ini selain daripada menjadi tugas, makalah ini juga berisi tentang referensi film.
Didalam makalah ini penulis mengambil salah satu film Thailand yang populer di Thailand untuk menjadi sumber bahasan dalam makalah ini. Film tersebut berjudul “A Crazy Little Thing Called Love”.
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan. Maka dari itu, penulis berharap agar ada pihak yang memberikan saran ataupun kritik tentang makalah ini.
Penulis berharap agar makalah yang telah dibuat berdasarkan dari beberapa sumber maupun dari pemikiran sendiri ini dapat bermanfaat untuk pembacanya. Terimakasih.


Bogor, 1 Desember 2013



penulis

DAFTAR ISI

Halaman


DAFTAR GAMBAR

Halaman
Gambar 1. Guru Inn (Sudarat Budtporm) 3
Gambar 2. Mario Maurer 3
Gambar 3. Baifern Pimchanok 5
Gambar 4. Acharanat Ariyartwikol 7
Gambar 5. Ka Shone memberikan mangga ke Nam 12
Gambar 6. Ka Shone Dihukum dan Nam melihatnya 13
Gambar 7. Nam di Make Over oleh sahabatnya 16
Gambar 8. Nam menjadi putri salju 17
Gambar 9. Ka Shone menyelamatkan Nam 18
Gambar 10. Nam menjadi mayoret 20
Gambar 11. Ka Shone memberikan bunga kepada Nam 20
Gambar 12. Ka Top menyatakan perasaanya kepada Nam 21
Gambar 13. Ka Shone disaat bertanding bola 22
Gambar 14. Ka Shone dan Nam diatas jembatan 23
Gambar 15. Nam menyatakan perasaannya kepada ka Shone 24
Gambar 16. Ka Shone menyatakan perasaannya kepada Nam 27


DAFTAR TABEL

Halaman
Tabel 1. Nama Pemain A Crazy Little Thing Called Love 2
Tabel 2. Tentang A Crazy Little Thing Called Love 11
Tabel 3. Daftar OST film A Crazy Little Thing Called Love 28


BAB I

A. Pendahuluan

Tampaknya film Thailand kini telah mulai dikenal oleh banyak masyarakat didunia. Ada banyak sekali genre yang diangkat dalam beberapa film Thailand baik film komedi, film horror, romantic, ataupun yang lainnya. Tetapi biasanya film Thailand lebih banyak yang bergenre horror. Dalam film horor, biasanya juga diselingin oleh komedi, memang sudah dikenal bahwa film Thailand itu pasti akan menampilkan komedi disetiap filmnya walaupun sebenarnya film itu bukan bergenre komedi.
Salah satu contoh dari film Thailand yang bergenre romantis adalah Crazy Little Things Called Love atau yang lebih dikenal dengan CLTCL atau First Love ( A Little Thing Called Love).

B. Latar Belakang Pembuatan Film

A Crazy Little Called Love atau yang biasa disingkat menjadi CLTCL, ini memang telah sangat dikenal oleh para remaja didunia. Selain itu, dengan mengangkat cerita remaja, film Crazy Little Thing Called Love (CLTCL) mampu menampilkan kisah klasik percintaan dengan sudut pandang yang berbeda dari film lainnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perfilman Thailand memang telah berkembang pesat. Setelah sukses dengan film horror, Thailand kini mulai dikenal dengan film komedi romantisnya. Seperti contohnya adalah film : Bangkok Traffic Love Story dan Hello Stranger. Namun, cerita dibalik Film Crazy Little Thing Called Love lebih menyentuh dan bermakna bagi penontonnya. Pasalnya, ada suatu kisah terpendam yang dihadirkan diujung film.
Memang apabila dilihat secara sekilas, film crazy little thing called love ini memang menceritakan percintaan dua remaja yang biasanya terjadi didunia nyata, tetapi dengan sentuhan alami itulah yang dapat membuat film ini mendapatkan hati ditempat orang yang melihat atau menonton film ini. selain itu para pemain yang dipilih untuk memainkan peran dalam film ini pun memang sangat tepat sekali, karena dapat memberikan kesan kepada para penontonnya.

a. Pemilihan Pemain

Pemilihan pemain memang salah satu yang sangat penting dalam pembuatan film. Maka dari itu diperlukan cara pemilihan pemain yang tepat agar mendapatkan hasil dari film sesuai dengan keinginan. Selain itu kepopuleran seorang artis yang tampil dalam suatu film juga dapat menentukan dalam hasil produksi film.
Berikut adalah beberapa nama pemain dari film A Crazy Little Thing Called Love, antara lain adalah :
Tabel 1. Nama Pemain A Crazy Little Thing Called Love
No.
Nama
Nama Panggung
Pemeran
1.
Mario Maurer
Mario Maurer
Khun Shone
2.
Pimchanok Leuwisetpaiboon ( พิมพ์ชนก ลือวิเศษไพบูลย์ )


Baifern / Fern
Khun Nam
3.
Acharanat Ariyaritwikol
( อัครณัฐ อริยฤทธิ์วิกุล )
Acharanat
Khun Top

Sebenarnya masih ada beberapa pemain yang lainnya, tetapi ketiga nama yang diatas merupakan pemain utama dalam film ini, dan mendapatkan peran yang penting dalam film ini. salah satu pemeran atau pemain dalam film ini yang juga penting adalah guru inn.
Dengan adanya guru Inn ini dalam film ini didapatkan genre atau alur cerita yang komedi. Guru Inn sendiri bernama asli Sudarat Budtporm.

Film ini merupakan salah satu film yang terkenal juga yang dibintangi oleh Sudarat Budtporm.
Gambar 1. Guru Inn (Sudarat Budtporm)










Guru Inn ini memang salah satu guru yang paling sering dalam film ini, karena memang Guru Inn inilah pembimbing dari sang pemeran utama wanita yaitu Khun Nam. Bisa dibilang Nam memang sangat sering diandalkan atau sangat dekat dengan Guru Inn ini didalam film ini. Berikut akan dijelaskan tentang profil beberapa pemain dari film A Crazy Little Thing Called Love yaitu:

1. Mario Maurer

Gambar 2. Mario Maurer









Nama Lengkap : Mario Maurer
Tanggal Lahir : 4 Desember 1988
Film : The Love of Siam [ pada tahun 2007 ]
Friendship [ pada tahun 2008]
4 Romance [ pada tahun 2008 ]
Saranair Siblor [ pada tahun 2008 ]
Rahtree Rebom [ pada tahun 2009 ]
Rahtree Revenge [ pada tahun 2009 ]
Auntum Destiny [ pada tahun 2010 ]
A Crazy Little Thing Called Love [ pada tahun 2010]
Saranae Hen Pee [ pada tahun 2010 ]
Bangkok Kung Fu [ pada tahun 2011 ]
Suddenly It’s Magic [ pada tahun 2011 ]
Pee Mak [ pada tahun 2013 ]
Selain menjadi bintang film, Mario juga sering menjadi bintang model beberapa majalah, dan menjadi bintang iklan. Mario memang telah berkarir sejak umurnya yang masih 16 tahun. Selain itu, Mario Maurer ini merupakan aktor yang blasteran, kenapa? karena ayah dari Mario ini adalah orang yang berkewarganegaraan Jerman asli, dan ibunya berasal dari Thailand. Selain itu, Mario ini berketurunan China.
Mario ini memang telah sangat terkenal didunia, maka dari itu mungkin produser dari film a crazy little thing called love ini memilih Mario karena Mario yang telah dikenal oleh masyarakat didunia. Berkat dari kerja kerasnya dalam menjadi bintang film, bintang model, dan bintang iklan. Mario telah mendapatkan banyak sekali penghargaan. Salah satunya adalah berkat dari film ini, Mario mendapatkan penghargaan.
Dan dalam film A Crazy Little Thing Called Love ini, Mario Maurer menjadi Khun Shone, yaitu seorang kakak kelas 1 SMA atau yang dalam Thailand disebut M.4, yang sangat dikagumi oleh beberapa adik-adik kelasnya. Selain itu didalam film ini Mario berperan menjadi seorang kakak kelas yang telah menyukai seorang adik kelasnya yang memang sudah lama menyukainya, tetapi Mario tidak dapat mengungkapkan perasaannya itu, karena sahabatnya yang juga menyukai gadis yang sama sepertinya.
Didalam film ini, Mario tampil dengan sangat mempesona, bahkan karena pesonanya itu, film ini mendapatkan reaksi yang sangat baik oleh penontonnya, yang kebanyakan menonton film ini karena ada Mario Maurernya. Maka tak salah apabila Mario Maurer ini dikatakan menjadi salah satu aktor yang tampan di Thailand.
Selain itu dalam film ini, Mario memang terlihat sangat menghayati dalam setiap adegannya, itu yang dapat membuat para penonton yang selalu mempesona setiap kali melihat ka Shone atau Mario ini. Sifatnya yang sangat baik dalam film ini juga yang menjadikan bahwa Mario memang sangat baik dalam menghayatinya, karena tidak terlihat kalau itu hanya akting saja.

2. Pimchanok Leuwisetpaiboon / Baifern / Fern


Gambar 3. Baifern Pimchanok
































Nama : Pimchanok Lerwisetpibol / Pimchanok Leuwisetpaiboon
Thailand : พิมพ์ชนก ลือวิเศษไพบูลย์
Nama : Fern/Baifern
Tanggal Lahir : 30 September 1992
Tinggi Badan : 165 cm
Gol. Darah : B
Pimchanok Leuwisetpaiboon atau yang biasa dikenal Baifern atau Fern ini adalah salah satu pemeran utama dalam film a crazy little thing called love. Fern memerankan seorang gadis kecil yang baru masuk kesekolah barunya dan masih duduk dikelas 1 SMP atau dalam Thailand M.1, seorang gadis ini bernama Khun Nam. Nam adalah seorang gadis yang sangat lugu, penampilannya biasa saja, malah mungkin sangat biasa, memakai kacamata, dan gaya dalam berpakaiannya sangat biasa saja. Nam sangat menyukai kakak kelasnya yang memang sangat popular disekolah itu, mereka hanya berbeda 3 tahun saja.
Nam berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal agar kakak kelas yang ia sukai itu dapat jatuh hati atau menyukainya juga. Dia berusaha untuk mendapatkan kakak kelas yang ia sukai itu juga dibantu oleh teman-temannya yang selalu setia menemaninya sejak mereka masih sekolah di sekolah dasar.
Teman-teman Nam menyarankan agar Nam berubah agar kakak kelas itu juga menyukainya. Dan akhirnya memang Nam berubah, berubah menjadi seorang gadis yang sangat cantik dan sangat modis dalam berpakaian. Dalam hari kelulusan Nam berusaha untuk menyatakan rasa sukanya yang telah ia pendam selama 3 tahun terakhir, tetapi apa daya, kakak kelas itu telah memiliki yang lain.
Walaupun pada akhirnya Nam bersama kakak kelas itu. Baifern dalam film ini sangat menghayati sekali dalam setiap adegannya. Selain itu yang mempesona dari Fern sendiri adalah perubahan yang terjadi pada dirinya sendiri dalam film ini yang mungkin sangat jarang ditemukan dalam didunia nyata. Tapi memang jika dilihat-lihat penampilan Fern dalam masa lalu dan 9 tahun kemudian itu sangat berbeda, Fern dapat menemukan tempat yang cocok untuknya mengganti karakter dari yang masih muda menjadi dewasa.

Dalam mendapatkan karakter atau lebih mendalami karakter ini, memang harus di acungi jempol untuk Fern ini, karena dalam beberapa waktu yang berbeda yang sangat cepat berubah dalam film ini, Fern masih bisa untuk mempertahankan sifat dari Nam sendiri.
Selain itu koordinasi antara Fern maupun lawan main yang sangat bagus juga membantu Fern dalam membangun nuansa yang alami, hingga membuat para penonton yang menonton film ini terbawa dalam Susana didalam film, dan menghayatinya pula.
Karena itu sudah dapat dipastikan kalau Fern juga mengambil peran dalam mempopulerkan film ini. selain itu, berkat film ini Fern mendapatkan beberapa nominasi dan penghargaan yang menjadikan namanya lebih dikenal oleh masyarakat didunia.
Selain itu, Fern memang telah masuk diantara salah satu aktris Thailand yang cantik, menawan dan bertalenta. Fern memang aktris yang sangat popular di Thailand. Selain menjadi bintang film, Fern juga menjadi bintang model di beberapa majalah di Thailand ataupun diluar Thailand, Fern juga menjadi bintang iklan.

3. Acharanat Ariyaritwikol


Gambar 4. Acharanat Ariyartwikol



























Nama : Acharanat Ariyaritwikol
Thailand : อัครณัฐ อริยฤทธิ์วิกุล
Tanggal Lahir : 8 Februari 1988
Tempat Lahir : Thailand
Acharanat ini memang mungkin masih jarang didengar dikuping masyarakat didunia, tetapi kalau di Thailand Acharanat ini salah satu aktor yang juga terkenal. Selain menjadi aktor, ia juga salah satu DJ. Dalam beberapa kesempatan dia sering menjadi DJ dibeberapa kesempatan.
Walaupun memang masih baru dalam telinga orang awam, Acharanat ini sebenarnya sudah terkenal di Thailand. Selain menjadi aktor dan DJ, ia juga sering menjadi host, ataupun bintang iklan.
Didalam film a crazy little thing called love ini, Acharanat menjadi Khun Top seorang teman dari seseorang yang memang telah terkenal dalam sekolah. Top ini adalah seorang siswa pindahan yang sangat digilai oleh para wanita.
Acharanat dalam film ini terlihat sangat alami dalam setiap adegannya. Walaupun di film ini ia hanya terlihat di tengah film saja dan tidak sampai terakhir, tetapi itu juga sudah termasuk baik. Acharanat di film ini menjadi ka Top yang menyukai adik kelas yang juga disukai oleh sahabatnya. Dia tau bahwa perempuan itu menyukai temannya, tetapi dia juga menganggap bahwa dia sudah berpacaran dengan perempuan itu, karena mungkin pada salah satu adegan yaitu, ia menembak atau mengungkapkan perasaannya kepada perempuan itu.
Tetapi ka Top harus meninggalkan Thailand tanpa ada alasan yang jelas dan harus meninggalkan orang yang ia suka itu, dan dia juga tak ingin kalau sahabatnya sendiri berpacaran dengan orang yang ia sukai itu.
Selain daripada pemain-pemain diatas, ada beberapa pemain yang juga dapat membuat suasana menjadi lebih hidup, yaitu pemeran dari ketiga teman-teman Nam yang selalu setia membantu Nam untuk mendapatkan ka Shone.
Dan juga guru Orn yang salah satu saingan daripada guru Inn, jika tidak ada guru Orn mungkin tidak akan seru, karena guru Inn tidak akan repot sendiri nanti. Selain itu ada guru olahraga, kepala sekolah pemain antagonis yaitu salah satu siswi yang satu kelas dengan Nam yang juga menyukai ka Shone dan ka Top. Dan juga ka Pin yaitu kakak kelas wanita yang sangat baik kepada Nam yang walaupun akhirnya tidak diketahui nasibnya.

BAB II

seperti yang telah dijelaskan pada bab 1, yaitu tentang latar belakang pembuatan film dari mulai pemilihan pemain dan segala persiapannya. Pada bagian bab 2 ini akan menjelaskan tentang proses pembuatan film a crazy little thing called love dan juga dalam sinopsis film itu sendiri.

A. Proses Pembuatan

pada dasarnya sama seperti film pada umumnya yang membutuhkan persiapan dalam membuat film. Selain dari pemilihan pemain yang memang harus sangat tepat dengan karakter tokoh, tempat atau lokasi pengambilan adegan juga sangat penting, dan properti yang dibutuhkan, karna sebenarnya semua itu memang diperlukan untuk menunjang film itu sendiri.
Dalam pembuatan a crazy little thing called love, dalam setiap adegannya dilatar belakangi oleh sekolahan, karena memang diceritakan kalau seorang siswi yang menyukai kakak kelas di sekolahnya itu. Kalau dilihat dengan secara detail, sebenarnya properti yang digunakan mungkin yang sering kita lihat, mungkin karena cerita daripada film itu sendiri yang sangat terlihat alami, atau memang seperti kebanyakkan yang terjadi didunia nyata.
Dalam proses pembuatan yang mungkin membutuhkan properti yang sangat sering kita temui, dalam penumbuhan karakter pada pemeran contohnya pada peran Nam, yang diceritakan mempunyai kulit yang lebih coklat, dan memakai kacamata lalu ketika 2 tahun kemudian berubah menjadi siswi yang sangat cantik, itu membutuhkan ketelitian dalam pembuatan make up nya.
Karena berkat perbedaan make up itu pun dapat membantu untuk menumbuhkan perbedaan usia ketika melihat tokoh tersebut, dan dalam perannya tersebut tokoh yang didandani secara berubah-ubah ini dapat menampilkan tampilan yang alami.

B. Pembahasan film

A Crazy Little Thing Called Love merupakan salah satu film Thailand yang bergenre komedi romantis yang sangat terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri. Film ini ditayangkan di Thailand pada tahun 2010. pada tahun itu film ini segera menjadi salah satu film yang sangat terkenal.
Dibawah ini merupakan penjelasan tentang film a crazy little thing called love :
Tabel 2. Tentang A Crazy Little Thing Called Love
1.
Judul Film
  • Crazy Little Thing Called Love
  • A Little Thing Called Love / First Love
  • สิ่งเล็กเล็ก ที่เรียกว่า..รัก
2.
Genre
Romance dan Komedi
3.
Realese Tanggal
12 Agustus 2010
4.
Waktu
118 menit
5.
Language
Thailand
6.
Negara
Thailand
7.
Director
  • Puttipong Pormsaka Na-Sakonnakorn
  • Wasin Pokpong
8.
Penulis
  • Puttipong Pormsaka Na-Sakonnakorn
  • Wasin Pokpong
9.
Produser
  • Somsak Tejcharattanaprasert
  • Panya Nirankol
10.
Distributor
  • Sahamongkol International
  • Work Point
11.
Cinematographer
Reungwit Ramasudh

A crazy little thing called love memang sangat menuai banyak kesan maupun pesan dari para penonton film ini. Dan banyak sekali respon mereka yang positif, seperti banyaknya blog baik di Thailand maupun di luar negeri lainnya yang memuat artikel tentang film ini.


a. Sinopsis atau pembahasan cerita

Dalam Film a crazy little thing called love ini memang mengakat sebuah kisah remaja yang biasa terjadi pada kehidupan nyata para remaja zaman sekarang. Karena itu, pesan yang terdapat pada film ini dapat tersampaikan dengan sendirinya kepada penonton.
Film ini menceritakan tentang seorang siswi yang baru menginjak kelas M.1 atau kelas 1 SMP yang menyukai kakak kelasnya yang berada dikelas M.4 atau 1 SMA. Seorang siswi itu bernama Khun Nam, dan kakak kelas itu bernama Khun Shone. Nam menyukai ka Shone sejak pertama kali bertemu. Tetapi ka Shone sendiri siswa yang sangat populer disekolah itu. Ia sangat disukai dan digilai oleh kebanyakan besar siswi baik SMA ataupun SMP.
Suatu saat, disaat Nam kembali dari membeli bahan untuk ibunya memasak, diperjalanan pulang ia bertemu dengan ka Shone yang tiba-tiba jatuh didepannya. Nam terkejut, ka Shone yang jatuh dari pohon dengan membawa mangga itu segera memberikan kepada Nam “mau mangga?”
Gambar 5. Ka Shone memberikan mangga ke Nam










Nam hanya bisa menerima mangga itu dengan tersipu malu dengan terus melihat kearah ka Shone. Nam yang awalnya sangat bahagia itu ketika melihat ka Shone juga memberikan mangga kepada seorang gadis, raut wajahnya pun berubah.
Disekolah Nam mempunyai 3 orang sahabat, yaitu Cheer, Gei dan Nim. Bersama dengan ketiga sahabatnya itu Nam berusaha untuk mendapatkan ka Shone. Pada saat pelajaran bahasa Inggris, Nam meminta ijin untuk pergi ke toilet, tetapi padahal Nam ingin pergi ke gedung kelas M.4. pada saat itu, ternyata ka Shone tengah mengerjai temannya yang ketika itu ingin berdiri disaat guru memanggilnya, tetapi ternyata ka Shone telah mengikat tubuh temannya itu dengan tali yang diikatkan pula dibangku nya dan dimeja ka Shone. Karena itu ka Shone dihukum untuk keluar dari ruang kelas dan harus berdiri didepan kelas. Nam melihat ka Shone yang dihukum sambil mendengarkan musik dengan earphone nya, ka Shone menyuruh Nam untuk tidak berisik dengan menaruh telunjuknya dibibirnya sambil tersenyum. Nam hanya tersipu malu.
Gambar 6. Ka Shone Dihukum dan Nam melihatnya














Setelah itu, Nam hanya bisa melihat ka Shone pada saat istirahat, dan setiap melihat ka Shone dia hanya bisa tersenyum, mengingat tingkah laku ka Shone tadi siang yang lucu. Setelah itu, pada saat ia membantu guru Inn membawa minum untuk teman-temannya setelah mereka latihan marching band, ia melihat ka Shone yang dipanggil oleh seorang siswi cantik, dan teman-temannya yang lain berkata “apakah mungkin itu gadisnya ka Shone?” dengan spontan Nam berteriak “tidak mungkin” setelah itu semua orang matanya tertuju pada Nam, seketika Nam meminta maaf.
Setelah tiba dirumah, Nam masih mengingat kejadian tadi, dan ia loncat dari tempat tidurnya lalu berdiri didepan kaca, ia pun bergaya seolah model, ia berhenti ketika adiknya berteriak bahwa ada pamannya yang datang dari Amerika. Paman Nam ini memberitahu kalau ayahnya berpesan, jika ada salah satu antara Nam dan adiknya yang meraih peringkat satu di sekolahnya, ayahnya akan membelikan tiket untuk pergi ke Amerika untuk bertemu dengan ayahnya itu.
Setelah itu Nam bertekat untuk mendapatkan peringkat 1 disekolahnya itu, karena ia sangat ingin bertemu dengan ayahnya walaupun itu sangat sulit, karena saat itu ia berada pada peringkat ke 30. kesokan harinya pada saat istirahat ia dan ketiga sahabatnya memsan 4 buah minuman, tetapi kakak kelasnya menyerobotnya sampai temannya Nam yang bernama Cheer terjatuh, Nam berkata kepada kakak kelasnya itu “Kak, kenapa kakak menyerobot?” kakak kelasnya hanya berbicara kalau mereka itu sangat haus setelah latihan basket, dan kakak kelasnya itu juga bilang bahwa mereka harus mengutamakan pemain basket terlebih dahulu. Disisi lain, ternyata ka Shone melihat kejadian itu dan langsung mendekat dan langsung memesan 4 buah minuman, dan ia menghampiri Nam, “apakah inisudah cukup” ka Shone tersenyum kepada Nam, Nam hanya tersenyum, dan kakak kelas basket itu hanya bisa melihat kesal ka Shone.
Pada saat pulang sekolah, ka Shone dihampiri oleh teman-temannya dari tim basket. Ka Shone dan teman-temannya itu pun berkelahi. Nam yang pada saat itu dalam perjalanan pulang, yang mengetahui ka Shone berkelahi, ia pun kembali kesekolah bersama sahabatnya. Tetapi pada saat Nam sampai ditempat kejadian, ka Shone telah pergi, dan Nam hanya menemukan kancing baju yang telah berlumuran darah. Nam mengira kalau itu kancing baju ka Shone maka dari itu ia membawanya pulang dan membersihkannya dan menggambar muka tersenyum dan Nam menamakan kancing itu “Mr. Kancing”.
Keesokan harinya Nam membawa satu pak plester luka untuk ka Shone, ia memberikannya langsung, ka Shone menerimanya, dan ka Shone berbicara “Nam, terima kasih” dengan tersenyum, Nam hanya mengangguk dan berlari pergi. Dilain saat, setelah pulang Nam sangat bahagia karena ka Shone ternyata tau namanya.
Setelah itu Nam dan ketiga sahabatnya pergi ke kafe yang mereka biasa kunjungi. Sahabatnya bertanya kepada Nam pada saat Nam membaca buku yang berjudul “untuk menjadi peringkat 1” sahabatnya itu bertanya “apa kau benar-benar ingin menjadi peringkat satu” Nam menjawab “ iya, karna aku sangat merindukan ayahku”.
Setelah itu mereka mendengar ada seseorang yang berkata “hei, akhirnya kakak kelas itu menembakku, berkat buku ini” ketiga sahabat Nam itu melihat judul bukunya “9 resep cinta”. Setelah itu mereka langsung mencoba cara pertama yaitu menuliskan nama orang yang mereka suka dilangit ketika malam hari, kecuali Nam yang tidak ingin mengikutinya.
Keesokan harinya pada saat istirahat mereka mencoba cara kedua yaitu berkonsentrasi dan melihat kearah orang yang kita suka dan memerintahkan yang kita suka. Nam yang tadinya tidak ingin mengikutinya, tetapi akhirnya ia mencobanya, dan ternyata benar Nam berknsentrasi dan menginginkan kalau ka Shone menengok kearahnya, dan benar saja ka Shone melihatnya.
Setelah itu, pada saat hari valentine Nam memberikan cokelat untuk ka Shone yang ia taruh diatas motor ka Shone. Tetapi pada saat ka Shone membukanya ternyata cokelatnya telah mencair. Dan ternyata temannya yang sebelumnya juga diberikan mangga oleh ka Shone memberikan kue yang dibuat dari mangga. Dan temannya itu juga berbohong kalau ia terluka agar ka Shone mau mengantarkannya pulang menggunakan motor ka Shone.
Tak terasa waktu cepat berlalu, Nam dan teman-temannya telah naik kelas ke M.2 atau SMP kelas 2. Pada saat kelas 2 ini ibu Nam telah mengetahui kalau Nam menyukai seorang kakak kelasnya, dan ibu melarangnya.
Setelah itu ketiga sahabatnya datang kerumah Nam untuk melakukan cara ke-7 dalam buku “9 resep Cinta” yaitu, jika ka Shone adalah kakak kelas yang berkulit putih dan banyak yang menyukainya, setidaknya Nam juga harus berkulit putih. Nam di make over oleh ketiga sahabatnya itu.
Gambar 7. Nam di Make Over oleh sahabatnya












Setelah itu Nam dan ketiga sahabatnya itu pergi ke toko keluarga ka Shone, Nam berharap bisa bertemu dengan ka Shone, tapi ternyata ka Shone tidak ada. Tetapi pada saat Nam ingin pergi ka Shone datang dan menanyakan apa yang Nam beli dan kenapa kulit Nam berwarna kuning dan ka Shone bertanya apa Nam sakit, tapi Nam hanya menjawab dengan menggelengkan kepalanya.
Setelah itu Nam dan sahabatnya pergi. Pada saat ingin pentas seni, Nam dan sahabatnya mengantri untuk mengikuti tari. Pada saat itu ka Shone datang, dan kebetulan siswi yang mengantri didepan Nam adalah siswi yang dipanggil “gadis kue mangga” oleh ka Shone, dia bercanda dengan ka Shone, dan meminta ka Shone untuk memfotonya, Nam yang berada dibelakang gadis itu juga tiba-tiba ikut. Ka Shone yang melihat Nam ia berkata “kulit mu sudah tidak kuning lagi, apa kamu terlihat lebih putih sekarang?” Nam hanya tersenyum, ka Shone pun pergi. Setelah itu Nam dengan gadis kue mangga itu berkelahi hingga Nam harus keluar dari antrian sedangkan gadis itu tidak. Akhirnya Nam masuk ke drama yang ternyata disana ada ka Shone yang menjadi bagian propertinya.
Nam dalam drama berperan menjadi putri salju, dan pada saat pulang setelah latihan ia bertemu dengan ka Shone yang sedang memfoto sesuatu. Nam yang melihat kalau buku “ 9 resep cinta” yang keluar dari tasnya dengan buru-buru mengambilnya, tetapi disaat dia mengambilnya ada sebuah kertas yang jatuh dan ternyata disaat Nam lihat itu adalah nomor teleponnya ka Shone. Nam mengambilnya dengan menutupnya dengan kakinya.
Setelah dirumah, Nam berusaha untuk menelpon ka Shone, dan ternyata diangkat langsung oleh ka Shone, Nam yang sangat senang berlari keluar rumah terlebih dahulu untuk berteriak, lalu kembali lagi, tapi pada saar dia mengangkat teleponnya ternyata sudah ditutup.
Pada saat latihan Nam dibantu oleh ka Pin untuk di make up, setelah di make up dan berganti baju, Nam terlihat sangat cantik, disaat ka Pin bertanya pada ka Shone bagaimana penampilan Nam, ka Shone menjawab “biasa saja, putri salju yang memakai kawat gigi”.
Gambar 8. Nam menjadi putri salju










Setelah itu pada saat latihan terakhir menggunakan properti semuanya, pemeran pangerannya sedang ditoilet, dan ka Shone yang disuruh menggantikannya. Pada saat itu adegan mencium putri salju, Nam yang pada saat itu membuka matanya, kaget bahwa ka Shone yang akan menciumnnya, tapi pada saat itu membuka matanya kembali ternyata itu bukan ka shone, dan dengan spontan Nam jatuh dari tempat tidur itu dan hanpir jatuh dari panggung, tetapi ka Shone memegang tangannya dan menariknya kedalam pelukannya dan berkata “ kau hampir mematahkan tulang lehermu” dan melepaskan pelukannya itu.
Tetapi pada saat pentas ternyata ka Shone tidak dapat melihat pementasan itu, karena ka Shone harus pergi bersama kepala sekolah untuk menerima penghargaan ka Shone yang photonya telah menang. Nam sangat kecewa. Tapi disisi lain ada seorang siswa yang memperhatikannya dengan tersenyum.
Setelah penampilan itu, dibelakang panggung Nam menemukan buah apel yang tertulis “untuk putri salju, tidak beracun aku sudah mencobanya” dan Nam mengira kalau itu dari ka Shone tapi ketiga sahabatnya berkata mungkin saja apel itu dari pangerannya tadi.
Gambar 9. Ka Shone menyelamatkan Nam








Ternyata seorang laki-laki yang memperhatikan Nam pada saat tampil itu adalah ka Top teman lama dari ka Shone. Ka Top pernah berkata pada ka Shone “siapa perempuan itu? Bukankah dia yang menjadi putri salju kemarin?” ketika melihat siaran ditelivisi kantin sekolah yang memutarkan pertunjukan drama kemarin, dan ka Shone menjawab “memang kenapa? Kau menyukainya? Tapi jangan dia terlalu muda bagimu” ka Top menjawab “ada apa? Aku biasa berpacaran dengan yang lebih muda”
Setelah itu kelas M.2 selesai dan Nam menginjak kelas M.3. pada saat kelas 3 SMP ini Nam sudah berubah, sangat berubah penampilan Nam jauh lebih modis daripada sebelumnya, ia juga telah berkulit putih, tinggi, dan sangat cantik. Pada saat itu Nam diminta oleh guru Inn untuk menjadi mayoret untuk menggantikan teman-temannya yang sedang patah tulang, agar marching band sekolahnya dapat tetap mengikuti perlombaan yang akan diadakan 2 minggu lagi.
Akhirnya Nam mau menggantikan teman-temannya itu, awalnya Nam tidak bisa, dan awalnya ia ingin menyerah tetapi pada saat ia mendengar bahwa ada temannya yang berkata bahwa, “jika saja yang memilih itu bukan guru Inn tetapi guru Orn mungkin tidak akan seperti ini, lagi pula murid-murid guru Inn memang tidak ada yang lebih baik daripada murid-murid guru Orn” Nam ingin menunjukan bahwa murid dari guru Inn juga dapat menjadi yang terbaik.
Nam berlatih keras setiap hari, dan setiap Nam latihan ka Top selalu memperhatikan dia, dan ka Shone selalu menghalangi ka Top yang ingin melihat Nam selalu. Nam berlatih melemparkan tongkatnya terlebih dahulu keatas, awalnya memang susah, bahkan sampai Nam mematahkan ujung tongkat itu. Hingga akhirnya Nam menggantikan tongkat itu menjadi sapu lidi yang ada pegangannya, ia berlatih setiap hari menggunakan itu.
Walaupun sering sekali jatuh, dan tidak bisa menangkap tongkatnya dengan baik, Nam terus saja berlatih dan berlatih. Dan pada suatu saat, disaat dia sedang berlatih saat malam hari, ia melihat ka Shone yang sedang bermain bola untuk bisa masuk kedalam klub bola.
Semua orang yang menonton pertandingan itu sangat berharap kalau ka Shone bisa memasukan setidaknya satu kali gol kegawang lawan. Tim ka Shone mendapatkan kesempatan tendangan pinalti, seharusnya yang menendang bukannlah ka Shone tapi ka Top tapi ka Shone ingin melakukannya.
Awalnya ka Shone tidak bisa melakukannya, tetapi disaat yang kedua dia bisa melakukannya. Ka Shone melakukan itu untuk membuat Nam Agar dia lebih semangat dalam berlatih untuk menjadi mayoret, walaupun selama ini dia tidak bisa melemparkan tongkatnya dengan baik, tapi ka Shone yakin suatu saat nanti Nam bisa. Seperti ka Shone saat menendang bola di tendangan pinalti, mungkin awalnya ka Shone tidak bisa tetapi yang kedua kalinya, ka Shone bisa. Dan Nam melihatnya itu, ia semakin yakin kalau ia pasti bisa seperti ka Shone, dia terus berlatih dan berlatih.
Hari-hari telah berlalu, Nam berlatih keras untuk menjadi mayoret. Hingga suatu hari ia bisa menangkap tongkatnya dengan bagus dan tepat. Didepan guru Inn Nam menunjukan kalau dia sudah bisa menangkap tongkat mayoret dengan baik. Guru Inn sungguh bahagia dan sangat bangga kepada Nam. Dan hari pada saat lomba itu pun datang, Nam terlihat sangat cantik, ia berhasil menunjukan kalau ia bisa menjadi mayoret dengan baik.
Gambar 10. Nam menjadi mayoret














Berkat menjadi mayoret itu Nam menjadi salah satu siswi yang populer disekolahnya. Bahkan ia juga sudah mulai dekat dengan ka Shone, ka Top dan teman-temanya. Pada saat valentine, Nam mendapatkan banyak hadiah dari teman-temannya, tetapi tetap saja ia masih belum senang karena ia berharap kalau ka Shone memberikannya hadiah juga. Dan benar, tak lama kemudia ka Shone datang membawa bunga untuk Nam, tapi ka Shone bilang kalau bunga itu dari temannya.
Gambar 11. Ka Shone memberikan bunga kepada Nam












Pada malam harinya Nam melihat bunga dari ka Shone dan sebuah surat keluar dari tasnya, isis dari surat itu adalah untuk Nam esok hari ditunggu di dekat tangga. Nam berharap kalau surat itu dari ka Shone.
Keesokan harinya Nam menunggu didekat tangga, dia melihat kebawah, ia melihat ka Shone yang menuju keatas, Nam sudah salah tingkah, dan pada saat ka Shone sudah sampai diatas tangga, tiba-tiba ka Top datang dan berdiri tepat dihapadan Nam, dan disitulah ka Top mengakui perasaannya kepada Nam. Nam kaget, lalu ia mengalihkan pembicaraan dengan bertanya kepada ka Shone kenapa ka Shone ada disana, ka Shone menjawab, kalau dia hanya ingin bertanya kepada Nam ada apa dia berdiri didekat tangga, dan ka Shone sudah tau alasannya.
Gambar 12. Ka Top menyatakan perasaanya kepada Nam












Setelah itu ka Shone pergi, dan ka Top memberikan waktu untuk Nam menjawabnya. Nam menceritakan kejadian itu kepada ketiga sahabatnya. Setelah kejadian itu ka Top mengajak Nam untuk melihat pertandingan pertama ka Shone bersama ka Top, awalnya Nam tidak ingin tetapi akhirnya Nam mau, melihat pertandingan ka Shone.
Disaat pertandingan ka Shone meminta minumke ka Top tapi karena minumnya telah habis, akhirnya yang memberikan minum untuk ka Shone adalah Nam dan ka Shone membalasnya dengan tersenyum.
Gambar 13. Ka Shone disaat bertanding bola











Setelah pertandingan selesai, Nam, ka Top dan ka Shone pulang bersama, Nam diboncengi oleh ka Top, sedangkan ka Shone sendiri. Pada saat Cheer, sahabat Nam ulang tahun, Nam tidak bisa ikut karena harus ikut dengan ka Top dan ka Shone untuk pergi dengan teman-teman yang lainnya. Karena itulah Nam dihindari oleh ketiga sahabatnya itu.
Tetapi pada saat pergi bersama dengan kakak kelasnya dan teman-temannya yang lain itu, Nam dibuat kan cumi panggang oleh ka Top dan untuk memakannya Nam pergi ke jembatan, disaat ia sedang melihat pemandangan ka Shone datang dengan kameranya yang ia gantung dilehernya. Nam menawarkan cyumi panggang kepada ka Shone, tetapi ka Shone tidak mau. Ka Shone menceritakan kisah cinta cumi-cumi, dari mulai bertemu, sampai menikah. Nam hanya tertawa setelah mendengar cerita ka Shone, ia pikir semua itu lucu. Dan ka Shone bertanya ' siapa yang lucu? Ceritanya atau penceritanya?” Nam dengan spontan menjawab “penceritanya” lalu ia berkata lagi “ah dua-duanya. Eh tapi aku bingung” dia menjawab dengan tertawa dan salah tingkah.
Nam hanya tersipu malu melihat ka Shone yang menanyakan siapa yang lebih lucu pencerita atau ceritanya. Dan inilah kejadian pertama dalam hidup Nam yang dia bisa mengobrol hanya berdua dengan ka Shone. Dan dia melihat ka Shone yang sangat bahagia, Nam pun ikut bahagia.
Gambar 14. Ka Shone dan Nam diatas jembatan














Setelah itu tiba-tiba ka Top datang, dan memakan cumi panggang itu, secara bersamaan ka Shone dan Nam berteriak “jangan” tetapi ka Top sudah memakan cumi panggang itu dengan tersenyum.
Setelah itu pada malam dimana Nam diajak untuk ikut menghadiri acara ulang tahun kakak kelasnya yang juga sahabat dari ka Shone dan ka Top, ka Top dan ka Shone menari didepan teman-temannya, dan pada nyanyian kedua ka Top mengajak Nam untuk berdiri dan menari mengikuti ka Top dan ka Shone. Tetapi tak disangka ka Top mencium pipi Nam. Setelah itu Nam hanya diam dan raut wajahnya seketika berubah menjadi kesal.
Setelah sampai didepan rumahnya dengan diantar oleh ka Top Nam berkata pada ka Top kalau ia tak suka kalau ka Top menciumnya seperti tadi. Tapi ka Top berkata, “bukankah kita berpacaran?”. Ka Top memang mengira kalau Nam sudah menerimanya, padahal ternyata Nam belum menerimanya, karena hatinya masih untuk ka Shone.
Setelah kejadian itu, Nam tak pernah bertemu dengan ka Top. Nam juga segera meminta maaf kepada ketiga sahabatnya, atas kesalahannya yang tidak ikut dalam merayakan ulang tahun Cheer. Awalnya ketiga sahabat Nam tersebut tidak mau memaafkan Nam, tetapi ketika Nam menyanyikan lagu, yang pernah merka nyanyikan disaat Nam di make over oleh sahabat-sahabatnya itu, mereka pun mau memaafkan Nam, dan mereka bersahabat kembali.
Setelah itu, ketiga sahabat Nam itu menyarankan cara yang ke 10 yang terakhir, yaitu dengan cara mengakui perasaanya secara langsung ke ka Shone pada hari kelulusan. Pada hari kelulusan ka Shone pergi ke kolam renang sekolah, Nam mengikutinya dengan membawa setangkai bunga yang ditangkainya terikat kertas dan juga kancing baju yang Nam kira adalah kancing baju ka Shone.
Setelah bertemu dengan ka Shone, Nam segera mengakui perasaannya yang selama ini telah menyukai ka Shone, dan ia juga menceritakan semua usahnya untuk mendapatkan ka Shone, mulai dari memutihkan kulit agar ka Shne tertarik, belajar lebih giat, berlatih menjadi mayoret dan yang lainnya, Nam mengakui kalau semua itu dia lakukan untuk ka Shone. Tapi dia juga bilang, kalau hal pertama yang seharusnya ia lakukan sejak awal adalah dengan mengatakan atau menyampaikan perasaannya kepada ka Shone yang sebenarnya.
Ka Shone hanya bisa diam disaat Nam menyatakan perasaanya, Nam juga memberikan bunga yang ia bawa tadi kepada ka Shone, bunga yang tadi malam telah dipersiapkan dengan baik oleh Nam, bunga yang ia ikat dengan tali dan dihias dengan surat dan kancingnya. Ka Shone hanya diam lagi, mungkin dia bingung ingin mengatakan atau menjawab apa untuk Nam.
Gambar 15. Nam menyatakan perasaannya kepada ka Shone














Tetapi setelah itu Nam melihat dibaju ka Shone bertuliskan “Pin cinta Shone” Nam bertanya “ Ka Shone dengan Ka Pin?” ka Shone hanya menganggukan kepalanya. Nam bertanya lagi “sejak kapan” ka Shone menjawab “ seminggu yang lalu”. Nam hanya tersenyum dengan air matanya yang mengalir dipipinya dan memberi selamat kepada ka Shone dan berharap kalau ka Shone dan ka Pin bisa bersama selalu.
Disaat ingin pergi, Nam membalikan badannya dan dia masuk keadalam kolam renang hingga semua bajunya basah. Ka Shone hanya bisa menanyakan “Nam tidak apa- apa?” Nam hanya menjawab “iya ngga apa-apa”.
Nam keluar dari kolan renang dengan keadaan basah dan menangis, sahabatnya melihat Nam ikut menangis dan membiarkan Nam untuk menenangkan dirinya terlebih dahulu. Disaat berjalan Nam bertemu dengan ka Pin, ka Pin bertanya “Nam kenapa?” dan Nam hanya bisa memeluk ka Pin, dan pergi meninggalkan ka Pin.
Pada malam harinya ketika sampai dirumahnya ka Shone membawa bunga dari Nam, dan membuka lemari esnya dan ternyata cokelat yang Nam berikan dan telah meleleh itu masih disimpan ka Shone dengan baik. Ternyata ka Shone diminta oleh ayahnya untuk segera merapikan barang-barangnya karena ka Shone harus ikut teman ayahnya untuk mengikuti klub bola.
Ka Shone segera ke kamarnya, dan dia membuka sebuah buku, dan ternyata isi dari buku itu semua berisi tentang Nam. Ka Shone memang telah menyukai Nam sejak Nam masih duduk dikelas 1 SMP. Buku itu berisi tentang foto-foto Nam.
Ada foto buku “9 resep cinta” dan dibawah doto itu tertulis “buku ini lucu, membuat ku tau betapa kerasnya usaha mu untuk mendapatkan ku” dan dilajutkan dengan tulisan “sebenarnya aku ingin mengatakan padamu, kalau kamu telah berhasil sejak awal”. Dan ada foto Nam disaat dia menjadi puti salju dan dibawah foto itu tertulis “kau terlihat seperti biasanya selalu cantik”
Ada foto dimana tangan ka Shone menyelamatkan Nam agar tidak jatuh, dibawah foto itu tertulis “ untuk pertama kalinya aku memegang tanganmu, tapi aku harus melepaskannya agar yang lain tak curiga”. Dan ternyata apel yang telah digigit itu juga merupakan apel dari ka Shone.
Dan bunga yang ka Shone kasih ke Nam itu adalah bunga yang ia tanam sendiri bukan dari temannya, ia mengatakan itu karena sebenarnya ia gugup untuk bilang kalau bunga itu dari ka Shone.
Dan disaat ka Shone melihat ka Top menyatakan perasaannya ke Nam, sebenarnya ka Shone hatinya sangat hancur, seperti dibuku itu yang telah tertulis “hari ini aku melihat Top menyatakan perasaannya kepada mu, hatiku hancur, kenapa waktu kita selalu tak cocok?”
Dan disaat ka Top menggendong Nam yang terkilir kakinya diatas jembatan ka Shone memfotonya dan menulis dibawah foto itu “aku juga ingin menggendongmu dipungguku”. Dan disaat Nam menjadi mayoret, ka Shone selalu berlari untuk mendapatkan foto Nam.
Dan ka Shone pernah bilang “Nam, maukah kau menjadi pacarku” disaat Nam dijemput oleh ka Top untuk menemaninya ke toko buku, dan tempat itu juga tempat dimana Nam mengungkapkan perasaannya kepada ka Shone yaitu di kolam renang.
Setelah membuka buku itu, dan setelah merapikan segala kebutuhannya, ka Shone pergi ke rumah Nam untuk menaruh buku yang berisi foto Nam itu didepan rumah Nam. Setelah itu 9 tahun kemudian, Nam yang baru saja pulang dari Amerikatampil disebuah acara televisi, dan tak disangka ternyata ka Shone juga datang.
Dan pada acara itu ka Shone bilang bahwa sebenarnya kancing baju yang copot itu bukan kancing baju ka Shone, dan sebelumnya ka Shone membawakan Nam bunga.


Dan disaat Nam bertanya “apakah ka Shone sudah menikah?” dan ka Shone menjawab “aku sedang menunggu seseorang yang pulang dari Amerika” dan seketika Nam menangis dan tersemyum.
Gambar 16. Ka Shone menyatakan perasaannya kepada Nam










Dan sampailah akhir cerita dari film a crazy little thing called love itu dengan adegan yang diatas. Berakhir dengan bahagia.

b. Tentang film

Setelah pada pembahasan sebelumnya telah disinggung beberapa pokok bahasan yang penting, salah satunya adalah sinopsis atau cerita dalam film itu sendiri, kini akan dibahas tentang beberapa hal yang dapat menunjang keberhasilan film ini.
Film a crazy little thing called love ini memang dibuat berdasarkan kisah asli, maka dari itu diperlukan para pemain yang memang dapat memainkan adegan-adegan tersebut dengan secara alami.
Didalam film biasanya untuk menunjang bagusnya film itu biasanya didalam film selalu ada lagu, agar film itu dapat lebih terasa keadaannya. Begitu pula didalam film ini, terdapat beberapa judul lagu yang diputar atau yang ikut menghiasi film ini agar lebih berwarna.
Biasanya sebuah lagu yang digunakan dalam film atau sebuah drama atau disebuah sinetron ini disebut dengan “original soundtrack” atau yang biasa disingkat OST.
Berikut adalah daftar dari original soundtrack atau OST, didalam film ini, antara lain :
Tabel 3. Daftar OST film A Crazy Little Thing Called Love
No.
Judul Lagu
Judul Lagu dalam Thailand
1.
Someday I'll Be Good Enough
2.
Someday
สักวันหนึ่ง
3.
Little Thing Called Love
สิ่งเล็กๆที่เรียกว่ารัก
4.
Because Of My Heart
เพราะใจ
5.
Day/Month/Year
วันเ เดือน ปี
6.
The Star
ดาวดวงนั้น

Itu adalah beberapa OST yang terdapat pada film a crazy little thing called love, yang dapat menunjang film ini menjadi film yang terpopuler dan yang terbaik di Thailand.

BAB III

A. Pesan dan kesan

Dari pembahasan yang telah dijelaskan pada bab-bab sebelumnya, pada bab ini akan dijelaskan tentang pesan dan kesan yang mungkin kita dapatkan dalan menonton film ini.
Pesan dan kesan yang mungkin kita dapatkan bisa saja dalam bentuk secara langsung ataupun secara tidak langsung. Jika kita melihat secara detail mungkin saja beberapa dari pesan yang tersamarkan akan tertangkap oleh kita.

a. Pesan yang tersampaikan

Setiap film pasti terdapat pesan maupun kesan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Film ini sangat bagus selain karena selain berdasarkan cerita asli, film ini memberikan banyak sekali pembelajaran atau pesan untuk para penontonnya, yaitu :
1. Tentang jika kita berusaha dan bertekad teguh kita pasti bisa menempuh segala kesulitan.
2. cinta itu memang sulit ditebak, tetapi jika kita mau lebih berusaha pasti kita akan mendapatkan cinta itu.
3. Jangan meremehkan orang hanya karna fisiknya atau penampilan luarnya saja.
4. Cinta itu tidak selamanya buta dengan keadaan yang negatif, terkadang cinta menjadi obat penyembuh dan pembangkit semangat.
5. Lebih baik menyatakan perasaan kepada orang yang kamu suka terlebih dahulu, walaupun hasil dari pernyataan itu tidak tau akan terbalas atau tidak.

b. Adegan yang masih tersamar

Diatas merupakan beberapa pesan yang dapat secara cepat ditangkap oleh penonton. Kali ini kita akan membahas tentang beberapa adegan ataupun pesan dalam film ini yang belum tersampaikan atau masih tersamarkan.
Dan berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa hal yang masih menggantung atau yang masih samar tersampaikan kepada para penonton, antara lain sebagai berikut :
1. Disaat ka Shone sedang latihan bola dan ada seorang perempuan yang memanggil ka Shone, setelah itu permpuan itu masih tidak diceritakan kembali, dan maksud dari ka Shone dipanggil itu juga masih belum bisa diterangkan.
2. Sejak kapan ka Shone telah menyukai Nam, tidak diberitahukan didalam film ini.
3. Dari mana ka Top datang dan kenapa tiba-tiba menjelang di akhir cerita ka Top pergi.
4. Darimana ka Shone tau nama Nam
5. Beberapa metode dari “9 resep cinta” tidak diperlihatkan.
6. Bagaimana Nam bisa menjadi putih hanya dengan beberapa tahun saja.
7. Nomor telepon ka Shone yang jatuh disaat Nam mengambil bukunya, tidak dijelaskan siapa yang menaruhnya.
8. kapan Nam berangkat ke Amerika, dan kenapa bisa Nam menjadi seorang desainer
9. Kenapa bisa ka Shone bisa bertemu dengan Nam disaat acara reality show diakhir cerita.
10. Bagaimana hubungan antara ka Pin dan ka Shone sebelum dan sesudah Nam menyatakan perasaannya

c. Kata – Kata Mutiara

Didalam film pasti akan ada kata-kata mutiara. Kata-kata mutiara itu mungkin bisa dalam saat pemeran berdialog atau juga ketika pemeran menuliskan dalam sebuah buku, ataupun disaat pemeran sedang berbicara dengan diri sendiri atau monolog.
Setelah diatas telah dijelaskan tentang pesan yang tersampaikan dan beberapa adegan atau cerita yang tidak dijelaskan. Kali ini akan dijelaskan tentang kata-kata mutiara yang saya dapatkan dari film ini. Berikut adalah kata-kata mutaiaranya, antara lain:
1. dalam metode cinta yang digunakan
“jika kamu ingin melakukan sesuatu karna cinta maka lakukanlah habis- habisan dan dengan sepenuh hati, maka dia akan datang dengan sendirinya kepadamu”.
2. Pada saat ka Shone membuka buku yang berisi foto Nam, tertulis “buku ini lucu, tapi kau yang membuatku tau, betapa kerasnya usahanya” dan disisi lain ada tulisan “sebenarnya aku ingin memeberitahumu, kalau kamu telah berhasil sejak awal.”
3. Dan pada saat foto Nam menjadi mayoret tertulis “kau semakin jauh lebih baik, maju terus Nam!”
4. Disaat ka Shone melakukan tendangan pinalti yang sebenarnya ia sangat takut untuk melakukannya, tetapi karna ingin membantu Nam agar tak takut kepada tongkat mayoretnya itu ia melakukannya dan ka Shone pun berhasil. Dan tertulis dibuku itu “cinta bisa mengalahkan segalanya termasuk rasa takut”
5. Disaat ka Top menyatakan perasaannya kepada Nam tertulis dibawah foto itu “hari ini aku melihat Top menyatakan perasaannya kepada Nam, hatiku hancur, kenapa waktu kita selalu tidak cocok?”
6. Dan terakhir pada saat talk show, Nam berkata “tetapi aku baru menyadi bahwa, cinta membuat ku seperti ini, dia adalah inspirasiku, dia membuatku untuk menggunakan cinta dengan baik, dia seperti kekuatan yang mendukung saya agar bisa menjadi Nam yang lebih baik seperti sekarang.”
Seperti diatas adalah pembahasan tentang film ini, baik dari pesan yang tersampaikan, adegan atau cerita yang masih menimbulkan tanya, ataupun kata-kata mutiara yang terdapat dalam film ini.
Dan tidak dilupakan pada awal dari film ini Nam berkata “ setiap kita, memiliki seseorang yang tersembunyi didasar hati. Dan ketika berfikir tentang dia, kita akan merasa seperti umm... seperti merasa sakit didalam. Tapi kita masih ingin mempertahankan seseorang tersebut. Walaupun aku tak tahu diamana dia sekarang, apa yang sedang dia lakukan, tapi dialah yang mengajarkan ku ini, hal-hal gila yang disebut cinta.”

BAB IV

A. Kesimpulan

Dari kisah yang telah dibahas pada bab sebelumnya mengenai film a crazy little thing called love, kita dapat belajar yaitu, mencintai seseorang itu pada awalnya tidak harus memandang fisiknya, tetapi lihatlah betapa cintanya dia dan pengorbanannya untuk kita.
Selain itu, disaat mencintai seseorang jadikanlah orang itu sebagai motivasi kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik, cinta itu tidak selamanya akan negatif, tergantung pada orang yang memandangnya dan melakukannya. Ketika orang itu memandang cinta untuk menjadi motivasinya untuk lebih baik itu akan membuat cinta itu sebagai pelindung atau kekuatan yang amat berharga untuk orang itu. Tetapi ketika cinta dipandang menjadi sebuah hal yang negatif ataupun menjadi awal dari keinginan yang negatif, itu akan menjadikan cinta itu menjadi sebuah hal yang sangat berbahaya yang akan menusuk kita secara perlahan, dan akan membuat kita lemah.
Seperti yang dikatakan ka Shone pada film ini “cinta bisa mengalahkan segalanya, termasuk rasa takut”. Ketika seseorang mencintai dengan hal positif ia akan menuai hasilnya dengan baik juga. Begitu pula dengan pengorbananya, ketika seseorang melakukan pengorbanan dengan tujuan yang baik, hasil dari pengorbananya itu akan menjadi baik pula.
Ketika jatuh cinta memang tidak pernah diduga, apakah itu cinta monyet atau bukan. Cinta datang memang tak pernah diduga, kapan dan berakhirnya memang tak pernah disangka. Orang yang memang telah menyukai seseorang dengan baik, akan menunggu seseorang itu walaupun harus beberapa tahun yang lama.
Dan sebenarnya berterus terang sejak awal itu tidak ada salahnya, mungkin dengan cara seperti itu, seseorang itu akan mengetahuinya. Lebih baik menyatakan terlebih dahulu sejak awal, daripada akan menyesal akhirnya.
Dari film ini kita dapat menyimpulkan kalau bila kita telah meneguhkan hati kita dan terus berusaha seseorang yang kita suka itu akanmenyukai kita apa adanya seperti kita menyukainya.
Film a crazy little thing called love yang berdasarkan kisah asli ini memang membawakan kisah cinta yang biasanya terjadi atau dialami oleh kebanyakan remaja didunia, selain dengan alur cerita yang gampang ditebak, tidak membuat para penonton bosan untuk melihat film ini. Justru karena alurnya yang ringan dan mudah ditebak ini, membuat film ini lebih populer dan lebih banyak ditonton.
Hasil dari kerjasama antar pemeran ataupun sutradara ataupun yang lainnya, membuahkan hasil yang baik. Film ini menjadi salah satu film Thailand yang bergenre komedi romantis yang terpopuler didunia.


DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Verifikasi dan Kalibrasi Instrumen AAS

VERIFIKASI DAN KALIBRASI INSTRUMEN AAS ABSTRAK Kalibrasi, verifikasi dan pemeliharaan instrumen alat ukur atau alat uji merupakan bagian dari standard system mutu mengacu pada SNI 17025-2008. Hal ini kemudian mengimplikasikan setiap peralatan yang dijadikan instrumen pengukuran dalam suatu laboratorium harus dikalibrasi atau diverifikasi terhadap pembanding yang memiliki ketelusuran. Sehingga hasil uji dari suatu laboratorium terakreditasi tidak akan berbeda dengan hasil uji laboratorium lainnya. PENDAHULUAN            Definisi kalibrasi dan verifikasi menurut beberapa sumber yaitu : Sumardi, 2003 “Kalibrasi adalah salah satu proses pengukuran alat ukur yang berkaitan dengan suatu garis tanda / garis pembagian (graduation line) dari suatu peralatan. Sedangkan verifikasi adalah proses dimana ditentukan persesuaian antara suatu peralatan laboratorium dengan spesifikasi yang tertera untuk peralatan tersebut, termasuk penentuan kesalahan pada suatu titik atau

makalah besaran dan satuan

BESARAN DAN SATUAN Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering berhubungan dengan besaran dan satuan. Ketika  menyebutkan tinggi badan seseorang 175 cm dan berat badannya 60 kg, maka kita sedang berhubungan dengan besaran panjang dan satuannya cm, dan besaran massa dengan satuan kg. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai besaran dan satuan, dapat dilihat dibawah ini : A.   Besaran Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, dihitung, memiliki nilai dan satuan. Besaran menyatakan sifat dari benda. Sifat ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran. Oleh karena satu besaran berbeda dengan besaran lainnya, maka ditetapkan satuan untuk tiap besaran. Satuan juga menunjukkan bahwa setiap besaran diukur dengan cara berbeda.             Dari pengertian diatas, dapat diartikan bahwa sesuatu dapat dikatan besaran harus mempunyai 3 syarat, yaitu : 1.       dapat diukur atau dihitung 2.       dapat dinyatakan dengan angka-angka atau mempunyai nilai 3.     

Pengalaman kehidupan SMAKBO. Tes Masuk SMAKBO? Oke

Masa masa terindah putih abu abu. kali ini aku mau cerita aja tentang masa putih abu abu yang bukan abu abu yang aku lalui. Gimana mau abu abu ya kalau roknya aja warnanya krem. Jadi aku itu ga sekolah di SMA atau SMK biasa tapi yang luar biasa sangking luar biasanya jadi diluar dari biasanya :D haha. Sekalian publish ini buat pertama kali publish di tahun 2017 *yeaaayyy* setelah lama sekali ga publish haha, ga berharap banyak yang baca sih :( tapi tetep berharap :') Jadi pada tahun 2013 *haha* aku lulus SMP terus dengan nilai UN yang standar aja aku bingung tuh bakalan masuk ke SMA yang aku mau atau ga, sedangkan aku tau yang SMA yang mau itu emang sekolah favorit, jadi aku memutuskan untuk ikut tes SMK yang sesungguhnya awalnya aku dipaksa buat ikut tesnya sama mamake tapi karna aku mikir juga mungkin kesempatan aku yaudahlah aku ikut aja... Nah, barulah dimulai tuh kehidupan sesungguhnya. Bayangin aja yang tes di SMK itu sampe hampir 1000 orang :( kan jadi minder yaa